Thursday, March 1, 2012

Perawatan Penyanggan Pada Tambang Bawah Tanah

ABSTRAK Nama : Muhammadal Adas : Npm 0710024427006 Laporan Kerja Praktek di PT. Dasrat Sarana Arang Sejati Sawahlunto – Sumbar : judul : Perawatan Penyanggaan Pada Tambang Bawah Tanah Di PT. Dasrat Sarana Arang Sejati Sawahlunto merupakan salah satu daerah pertambangan di Indonesia, yang memiliki sumber daya alam batubara yang sangat besar. Sumber daya mineral dan sumber energi sangat berpotensi untuk dikembangkan dan diusahakan sampai saat ini konsumsi energi domestik kita masih sangat terpakuh pada minyak dan gas bumi, oleh karena itu pemerintah berusaha mencari cadangan yang cukup besar di negara ini khususnya di kabupaten sawahlunto. PT. Dasrat Sarana Arang Sejati adalah perusahaan tambang batubara swasta yang bergerak dalam bidang kerja operasi produksi dengan luas IUP 125,40 Ha yang mendapatkan izin dari pemerintah kota sawahlunto dan pemerintah kecamatan talawi. Selanjutnya izin untuk melakukan kegiatan penambangan batubara, pembuatan dan penggunaan jalan tambang selama aktivitas penambangan berlangsung, serta izin dari kepala desa dan Kepala suku yang diketahui dan disetujui oleh camat setempat untuk penggunaan dan perawatan jalan desa yang akan dijadikan jalan tambang. Dalam kegiatan pertambangan dikenal dua jenis pertambangan yaitu tambang terbuka dan tambang bawah tanah. Perawatan Penyanggaan adalah semua kerusakan pada penyanggaan harus diganti dan diteliti dengan mengganti penyangga yang rusak dengan cara penyisipan kayu yang baru. Keuntungan dari Perawatan Penyanggaan yaitu produksi batubara akan meningkat setiap bulannya. Semua pekerja merasa senang setiap berada dilobang tambang yang bersih dan nyaman. Bisa terhindar dari runtuhan dan kecelakaan yang lainnya tidak kita inginkan. Aktifitas penambangan jadi lancar dan pekerja merasa tenang pada saat berada di bawah lobang tambang khususnya di lobang D 17 (Dasrat 17). Kerugian apabila Penyanggaan itu tidak dirawat maka aktifitas penambangan dapat terganggu, produksi batubara akan menurun dari bulan sebelumnya, bisa terhindari dari runtuhan tanah dari atas, dan aktifitas jalan lori dapat terganggu. Metode perawatan penyanggaan di lobang D 17 kurang memadai, untuk itu perlu ditingkatkan kwalitas dan kuantitas perawatan penyanggaan, pada saat pemasangan penyanggaan agar dirapat supaya kekuatan penyanggaan bertambah dari sebelumnya dan dapat menahan batuan induk yang berada di atas penyanggaan tersebut.

21 comments:

  1. saya tidak punya materinya hilang sewaktu laptop rusak tapi saya punya laporan KP sesuai postingan kalo mau kirim aja alamat email nanti saya emailkan....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kirim kan materinya om.

      Johanhasibuan55@gmail.com

      Delete
    2. Kirim materinya om.
      Gmail saya johanhasibuan55@gmail.com

      Delete
    3. Bg bisaa kirim ke email bg??

      Delete
    4. Mohon maaf blog ini sudah jarang saya kelolah, untuk materinyapun sudah hilang laptop rusak cuma ada file zip laporannya aja

      Delete
  2. Trimakasih bnyak sblumnya
    Email: merisamruru@yahoo.com

    Laporannya KP nya akan sangat bermanfaat ��

    ReplyDelete
  3. sudah saya kirim, blog ini tidak pernah update lagi...jadi semua materi dan yang lain link download di hapus oleh admin tempat penyimpanan file....terima kasih telah berkunjung.

    ReplyDelete
  4. Bisa minta materinya?alamat email saya cycarigelvi@gmail.com

    ReplyDelete
  5. bisa minta materinya?alamat email saya oktoyudadhino@gmail.com

    ReplyDelete
  6. bisa minta materinya?alamat email saya oktoyudadhino@gmail.com

    ReplyDelete
  7. bisa minta materinya gan???
    email saya nandasettyo@gmail.com
    ditunggu gan...!!!!

    ReplyDelete
  8. bng, boleh mnta mterinya??? alamat email saya yeza.saranghae96@gmail.com

    ReplyDelete
  9. bng, bleh mnta mterinya??? alamat email saya yeza.saranghae96@gmail.com
    maksih bng

    ReplyDelete
  10. bng bleh mnta materinya, kbtlan saya juga ambil penyanggaan
    ..
    alamat email saya yeza.saranghae96@gmail.com

    mksih bng

    ReplyDelete
  11. Aku mau juga bg
    tririzkipernando14@gmail.com

    ReplyDelete
  12. Aku mau jga bg
    Alamat email : tririzkipernando14@gmail.com

    ReplyDelete
  13. Mohon maaf yg sudah mampir ke blog ini tapi gak di respon, blog ini sudah lama saya tidak kelolah jadi materi dan file yg berguna menurut anda sudah sudah tidak ada lagi

    ReplyDelete
  14. Bg boleh minta file laporan kp jy bg ke @egafermana20@gmail.com

    ReplyDelete
  15. Sudah dikirim y via WA dan email, semoga bermanfaat

    ReplyDelete

Silahkan tuliskan komentar anda...!!!

Popular Posts

Terbaik Untuk Anda